White Balance Pada Kamera Video

Senin, 03 Oktober 2011 // by Unknown // Label: , , // 0 komentar
White balance pada dasarnya berarti keseimbangan warna. Supaya menjadikan gambar putih menjadi "benar-benar putih" dengan tujuan mendapatkan gambar yang nyata.. Karena cahaya putih adalah memiliki jumlah terbanyak dari semua jenis warna , sehingga kamera akan menampilkan semua warna dengan benar. Salah white balance mengakibatkan gambar menjadi kekuningan, kebiruan, atau bahkan menjadi oranye. Pada kebanyakan kamera terbaru sudah terdapat fasilitas auto white balance tapi kita tetap selalu menggunakan manual white balance karena memang terdapat perbedaan antara yang manual dengan yang telah diset oleh pabrik.

Bagaimana Melakukan Manual White Balance

Anda harus selalu melakukan prosedur ini setiap awal proses pengambilan gambar, dan setiap kali kondisi pencahayaan berubah. Hal ini penting sekali untuk menyeimbangkan kembali putih ketika berpindah dari dalam ruangan dan luar ruangan, dan antara kamar diterangi berbagai jenis lampu. Selama pagi dan sore hari, perubahan warna daylight sangat cepat dan signifikan walaupun mata anda tak menyadarinya, maka anda perlu melakukan proses white balance dengan menekan tombol WB pada kamera.

1. Jika kamera Anda memiliki roda filter (atau jika anda menggunakan add-on filter/filter tambahan), pastikan Anda menggunakan filter yang benar untuk kondisi pencahayaan saat itu.
2. Arahkan kamera ke subjek putih , sehingga sebagian besar apa yang Anda lihat dalam frame adalah putih.
3. Mengatur eksposur (jangan terlalu over maupun terlalu low dan fokuskan.
4. Aktifkan white balance dengan menekan tombol kamera dapat berlangsung beberapa detik untuk mendapatkan inputtemperatur cahaya yang disimbolkan dengan derajat Kelvin dan memberikan laporan pada anda bahwa proses white balance berhasil atau terkadang gagal kecuali anda telah melakukan prosedur dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Dalam blog Ini