Membuat Digital Video Tampak Seperti Film

Senin, 03 Oktober 2011 // by Unknown // Label: , , // 0 komentar
Membuat video terlihat digital seperti film adalah salah satu harapan utama setiap pembuat film independen ketika melakukan produksi video, sepertinya ini menjadi keharusan agar penonton merasakan sebuah "perbedaan".

Sebgai awal selayaknyua penonton disuguhkan hal yang paling menarik yang mampu "menahan" penonton untuk tidak beranjak atau pendah ke channel lain : penonton secara umum tidak mengetahui atau bahkan tidak peduli seberapa susahnya proses produksi sebuah film, yang penting mereka hanya tahu sebuah film diputar dan menikmatinya. Penonton mungkin tidak mampu mengapresiasikan sebuah film dari segi teknis, misalnya masalah pencahayaan yang berpengaruh terhadap cerita atau bagaimana pencahayaan itu terlalu terang dsb, tapi penonton secara naluriah merasa bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah bagus .


Mengapa video yang "berkarakter" film begitu diinginkan? film 35mm memiliki resolusi lebih tinggi dari video digital sekalipun dan ini menjadi faktor utama kenapa kamera film masih menjadi favorit hingga saat ini karena menghasilkan Tekstur, kehalusan warna, resolusi, kontras dan karakteristik yang maksimal . Berikut adalah pendapat Janusz Kaminski, Director of Photography pada semua film Spielberg sejak "Schindler's List,":

"Saya suka melihat film dan melihat gerakan gandum. Ada respons emosional tertentu, apakah pemirsa sadar atau tidak, kita menjauhkan diri secara emosional dari gambar yang tajam dan jelas. Grain mengingatkan orang pengalaman mereka dan membuat mereka lebih dekat ke cerita. "

(Dari "Going with the Grain” - sebuah artikel oleh John Calhoun)

Inilah sebagian alasan mengapa kita memakai seluloid . Kaminski, tentu saja, mengacu pada video digital ketika ia menyebutkan "gambar yang tajam dan jelas."

Jadi memang agak rumit meski bisa dikatakan tak terlalu susah bagaimana menjadikan video digital mampu kita tampilkan dan kita beri nuansa seperti halnya film, walaupun video saat ini belum bisa menjadi pengganti sebenarnya untuk film , namun ada kemungkinan pendapat ini dalam waktu tidak terlalu lama sepertinya akan berubah.

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Dalam blog Ini